Kamis, 26 September 2013

Resume komitmen muslim sejati fathi yakan



Tugas semasa PPAM. Harus post minimal satu tulisan hari ini, tapi sudah jam segini masih belum dapat ide harus menulis apa. Jadi ya sudahlah ya, anggap saja asal bayar hutang.


Resume komitmen muslim sejati fathi yakan

Oleh Alfi Ramadhatillah

            Komitmen muslim sejati, sebagai seorang muslim tentulah kita harus mengerahkan setiap kemampuan kita dalam mengembangkan islam. Fathi yakan  dalam bukunya yang berjudul Komitmen Muslim Sejati yang berjumlah 157 halaman menuturkan apa saja komitmen sejati seorang muslim terhadap agamanya. Komitmen tersebut yaitu :
1.      Sebagai seorang muslim saya harus mengislamkan aqidah kita
Saya mestilah beriman bahawa pencipta alam ini adalah Allah, Tuhan yang Maha Bijaksana lagi Berkuasa, Maha Mengetahui serta tidak memerlukan pertolongan sesiapapun. Saya mestilah beriman bahawa pencipta alam ini adalah Allah, Tuhan yang Maha Bijaksana lagi Berkuasa, Maha Mengetahui serta tidak memerlukan pertolongan sesiapapun. Saya mestilah beriman bahawasanya Allah s.w.t telah mengutuskan Rasul-rasul dan diturunkan untuk mereka kitab-kitab dengan tujuan mengajar manusia supaya mengenali Allah dan memahami matlamat kejadian mereka, mengetahui asal-usul mereka dan ke mana mereka akan kembali.

2.      Saya haruslah mengislamkan ibadah saya.
Ibadah meruppakan puncak hubungan saya dengan tuhan, jadi dalam beribadaha saya haruslah bersungguh-sungguh. Sata harus khusyu, dan beribadah dengan anggapan Allah melihat saya selalu meskipun saya tak melihatNya.

3.      Saya harus muslim dalam aqidah saya.
Maksudnya adalah saya harus menjaga setiap panca indra saya hanya untuk Allah SWT, menjaga perilaku dan ucapan saya. Saya juga harus bertingkah laku sebagai seorang muslim dengam menjaga pandangan saya, menjaga lidah, dan pendengaran saya.

4.      Saya haruslah bersikap sebagai seorang muslim terhadap keluarga saya.
Sebagai seorang anggota keluarga saya memiliki tanggung jawab terhadap keluarga saya untuk menyampaikan kebenaran-kebenaran mengenai islam.

5.       Saya harus dapat menguasai diri saya
Dalam hidup ini terdapat begitu banyak godaan hidup. Oleh karena itu, saya harus bisa membentengi diri saya dari pengaruh-pengaruh yang timbul baik dari dalam Maupin luar yang mampu merusak keimanan saya.

6.      Saya harus meyakini bahwa masa depan adalah untuk islam
Saya harus yakin bahwa islam akan bangkit di masa depan nanti sehuingga dengan begitu saya akan selalu optimis menjalani hari.

Selain itu, sebagai seorang muslim saya juga harus masuk ke dalam islam secara keseluruhan, yaitu dengan selalu mempelajari islam dan menjalankan perintah-perintahNya. Cara-cara yang dapat ditempuh antara lain :
1.      Saya harus hidup untuk islam.
2.      Saya harus yakin bahwa beramal baik itu adalah wajib.
3.      Saya harus memahami harakah islamiyah
4.      Saya harus memahami tata cara beribadah dalam islam.
5.      Saya harus memahami sajauh mana penggabungan saya denga islam.
6.      Saya harus paham mengenai pemusatan amal alami
7.      Saya harus memahami syarat-syarat baiah dan keanggotaan.

Itulah beberapa hal yang bisa saya lakukan untuk islam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar